Senin, 24 Desember 2012

Prinsip-PrinsipTotal Quality Management (TQM).



Prinsip-prinsip dalam TQM harus bersumber dari atas ke bawah dan beroperasi dari bawah ke atas bila diinginkan berjalan efektif, ini bisa dicapai bila organisasi menganut sistem desentralisasi. Skema Cakupan TQM dalam Suatu Organisasi Pendekatan desentralisasi berbeda secara radikal dari pendekatan setralisasi.

Menurut Dale H. Besterfield (1995) menyatakan bahwa untuk dapat berhasil dengan baik, penerapan sistem TQM harus berpedoman pada enam prinsip dasar yang menjadi acuannya. Keenam prinsip dasar tersebut adalah:


1.Kesediaan manajemen dalam melibatkan seluruh pendukungorganisasi.
2.Fokus pada pelanggan internal dan eksternal.
3.Melibatkan dan menggunakan secara efektif seluruh kekuatanorganisasi.
4.Perbaikan secara terus menerus atas bisnis dan proses produksi.

Sedangkan Menurut Bill Creech (1995) mengatakan bahwa program TQM harus mempunyai empat prinsip bila ingin sukses dalampenerapannya, yaitu:
1.Program TQM harus didasarkan pada kesadaran akan kualitasdan berorientasi pada kualitas dalam semua kegiatannyasepanjang program, termasuk dalam setiap proses dan produk.
2.Program TQM harus mempunyai sifat kemanusiaan yang kuatdalam memperlakukan karyawan, mengikutsertakannya danmemberikan inspirasi.
3.Program TQM harus didasarkan pada pendekatan desentralisasiyang memberikan wewenang di semua tingkat, terutama di garisdepan, sehingga antusiasme keterlibatan dan tujuan bersamabisa jadi kenyataan.
4.Program TQM harus diterapkan secara menyeluruh sehinggasemua prinsip, kebijaksanaan, dan kebiasaan mencapai setiapsudut dan celah organisasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar