Prinsip-prinsip dalam TQM harus bersumber dari atas ke bawah dan beroperasi
dari bawah ke atas bila diinginkan berjalan efektif, ini bisa dicapai bila
organisasi menganut sistem desentralisasi. Skema Cakupan TQM dalam Suatu
Organisasi Pendekatan desentralisasi berbeda secara radikal dari pendekatan
setralisasi.
Menurut Dale H. Besterfield (1995)
menyatakan bahwa untuk dapat berhasil dengan baik, penerapan sistem TQM harus
berpedoman pada enam prinsip dasar yang menjadi acuannya. Keenam prinsip
dasar tersebut adalah:
1.Kesediaan manajemen dalam
melibatkan seluruh pendukungorganisasi.
2.Fokus pada pelanggan
internal dan eksternal.
3.Melibatkan dan menggunakan
secara efektif seluruh kekuatanorganisasi.
4.Perbaikan secara terus
menerus atas bisnis dan proses produksi.
Sedangkan Menurut Bill Creech (1995)
mengatakan bahwa program TQM harus mempunyai empat prinsip bila ingin sukses
dalampenerapannya, yaitu:
1.Program TQM harus
didasarkan pada kesadaran akan kualitasdan berorientasi pada kualitas dalam
semua kegiatannyasepanjang program, termasuk dalam setiap proses dan produk.
2.Program TQM harus
mempunyai sifat kemanusiaan yang kuatdalam memperlakukan karyawan,
mengikutsertakannya danmemberikan inspirasi.
3.Program TQM harus
didasarkan pada pendekatan desentralisasiyang memberikan wewenang di semua
tingkat, terutama di garisdepan, sehingga antusiasme keterlibatan dan tujuan
bersamabisa jadi kenyataan.
4.Program TQM harus
diterapkan secara menyeluruh sehinggasemua prinsip, kebijaksanaan, dan
kebiasaan mencapai setiapsudut dan celah organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar